Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali serta mengontrol emosi terhadap dirinya ataupun orang lain disekitarnya. Kecerdasan emosional yang baik, dapat membantu Kamu dalam hubungan pribadi maupun karir.

Kecerdasan emosional sering kali disebut sebagai EQ, yang merupakan singkatan dari emotional quotient.

Mungkin Kamu lebih sering mendengar kata IQ (kecerdasan intelektual), namun kecerdasan emosional pun tak kalah penting dalam kehidupan.

Namun, terdapat banyak orang yang tanpa disadari sudah memiliki kecerdasan tanpa disadarinya.

Artikel ini akan membahas ciri-ciri orang yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang baik, tapi sebelum itu kita akan membahas terlebih dahulu mengenai manfaatnya.

Manfaat Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Manfaat kecerdasan emosional
Sumber : pexels

1. Bisa Membaca Situasi dengan Baik

Orang yang memiliki kecerdasan emosional memiliki kemampuan untuk memahami situasi dengan baik. Saat teman Kamu memiliki masalah ataupun duka, Kamu tidak akan menjadikan hal tersebut menjadi sebuah candaan.

Namun saat teman Kamu memiliki pencapaian ataupun keberhasilan, Kamu akan memberikan ucapan selamat terhadap dirinya. Kamu juga akan mampu memahami tindakan yang dapat Kamu ambil agar dapat membantu dan tidak menyakiti orang lain.

2. Bisa Menjadi Pemimpin yang Baik

Kecerdasan emosional yang baik dapat membantu Kamu untuk membangun relasi terhadap semua orang, termasuk bawahan Kamu. Kamu akan disukai oleh banyak orang karena dapat berkomunikasi dengan efektif dan persuasif. Saat Kamu disukai oleh orang lain, semua kebijakan dan pendapat Kamu akan lebih diapresiasi oleh banyak orang.

3. Pintar Bernegosiasi

Negosiasi sangat berkaitan dengan poin pertama yaitu membaca situasi. Saat Kamu ingin melakukan negosiasi, Kamu akan mengetahui apa yang harus dipersiapkan dan dibicarakan. Saat negosiasi tidak berjalan dengan lancar, Kamu bisa mengatasi hal tersebut agar berjalan dengan semestinya.

4. Mampu Mengontrol Diri dengan Baik

Kecerdasan emosional bukan hanya akan membantu Kamu membaca situasi, namun juga membantu Kamu mengontrol diri dengan baik. Kamu akan bisa mengontrol emosi, sehingga akan selalu tenang saat menghadapi berbagai situasi.

Selain itu, kecerdasan emosional juga akan membantu Kamu dalam menghadapi stres saat melanda pikiran. Kemampuan untuk mengontrol emosi tersebut dapat membuat Kamu tidak akan terlarut dalam stres.

Kamu juga akan menjadi lebih tahan banting dan tidak akan mudah disinggung oleh orang lain. Kamu akan selalu membuang ocehan orang-orang yang ingin menjatuhkan Kamu, tetapi Kamu akan mendengarkan kritikan orang tersebut apabila ia bermaksud baik.

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional

ciri kecerdasan emosional
Sumber : pexels

1. Berpikiran Terbuka / Open Minded

Jika Kamu memiliki kecerdasan emosional akan selalu open minded terhadap orang lain. Kamu mau menerima ide, gagasan, saran maupun kritik dari orang lain dan bekerja sama dengannya tanpa rasa kesal walaupun hal tersebut berlawanan dengan Kamu.

Kamu tidak akan pernah menganggap bahwa perbedaan akan menjadi hambatan untuk menjalin hubungan. Justru, Kamu akan menganggap hal tersebut akan menjadi keuntungan dan pembelajaran terhadap diri Kamu.

2. Pendengar yang Baik

Kamu adalah seorang pendengar yang baik dan selalu berempati terhadap orang yang berbicara. Kamu selalu ingin memahami orang lain dengan baik, dan tidak memotong pembicaraaan orang tersebut.

3. Tidak Takut untuk Meminta Maaf

Saat memiliki kesalahan terhadap orang lain, Kamu berani mengakuinya dan meminta maaf terhadap orang tersebut. Kamu mengetahui bahwa saat memiliki kesalahan, Kamu harus meminta maaf terhadap orang tersebut untuk tetap menjaga hubungan baik. Kamu juga menyadari bahwa setiap manusia pasti memiliki kesalahan, dan harus belajar dari kesalahan tersebut.

4. Selalu Bersyukur

Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan selalu menyadari betapa pentingnya bersyukur dan berpikiran positif. Kamu akan selalu mensyukuri setiap kejadian, keberhasilan dan pencapaian yang Kamu alami.

5. Tidak Memiliki Rasa Dendam

Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan bisa mengontrol perasaan dengan baik, sehingga tidak memiliki rasa dendam terhadap siapapun. Kamu menyadari bahwa perasaan dendam sama sekali tidak menguntungkan, justru hanya membuang waktu, energi dan merugikan diri.

6. Memiliki Kemampuan Adaptasi yang Baik

Orang yang memiliki kecerdasan emosional mengetahui bahwa tidak semua keadaan dan kejadian akan berjalan sesuai dengan rencana. Saat terjebak didalam situasi tersebut, Kamu akan mampu beradaptasi dan menghadapinya dengan baik tanpa menyalahkan keadaan.

7. Tidak Mudah Tersinggung

Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan memahami siapa dirinya, sehingga orang lain tidak akan membuatnya tersinggung dengan mudah. Jika ada orang lain yang menyakiti perasaannya, Kamu akan selalu berusaha untuk memaafkan orang tersebut.

8. Bisa Memahami Perasaan Orang Lain

Orang yang memiliki kecerdasan emosional dapat membaca situasi yang dapat membuatnya mampu memahami perasaan orang lain. Misalnya saat teman Kamu sering sedih akhir-akhir ini, Kamu mengetahui masalah apa yang sedang menimpanya.

9. Memiliki Banyak Teman

Kamu menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena hal tersebutlah, Kamu akan selalu membangun banyak relasi terhadap banyak orang yang mengarah terhadap hal yang positif.

Selain itu, orang lain juga akan senang terhadap sifat yang Kamu miliki seperti dapat memahami perasan orang lain, dapat menjadi pendengar yang baik dan juga selalu berpikiran terbuka. Seperti yang sudah saya katakan diatas, kecerdasan emosional bisa terus dilatih dan dikembangkan sama halnya dengan kecerdasan intelektual. Berikut adalah cara untuk melatih kecerdasan emosional Kamu.

Cara Melatih Kecerdasan Emosional

Melatih Kecerdasan Emosional
Sumber : Pixabay

1. Berusaha untuk Mengontrol Emosi

Pertama, Kamu harus selalu berusaha untuk mengontrol diri agar tidak terbawa emosi. Kamu harus berusaha untuk menekan emosi tersebut agar tidak menjadi beban pikiran dan salah dalam mengambil tindakan.

Kamu harus mengubah perasaan negatif yang Kamu rasakan dan membuangnya jauh-jauh. Cobalah untuk tidak berprasangka buruk terhadap orang lain, dan selalu berpikir positif terhadap semua hal.

2. Berusaha untuk Tetap Tenang

Saat Kamu memiliki suatu masalah dan kejadian yang tidak diinginkan, Kamu harus selalu mencoba untuk tegar dan tetap tenang. Kamu harus berpikir untuk keluar dari masalah tersebut, daripada hanya merenunginya.

3. Mencoba Jujur Terhadap Diri Sendiri

Kamu harus selalu jujur terhadap diri sendiri untuk dapat melatih kecerdasan emosional Kamu. Selain itu, cobalah juga untuk jujur terhadap orang lain dan tidak menutupi sesuatu yang sedang Kamu rasakan.

Misalnya teman Kamu memiliki sebuah pencapaian ataupun keberhasilan dan memberitahu hal tersebut kepada Kamu. Disini Kamu harus mengapresiasi terhadap pencapaian teman Kamu, bukan malah menganggap sepele dan berkata seperti “baru segitu saja sudah bangga” ataupun kata sejenisnya.

Kesimpulan

Menurut Hari Imam Wahyudi, S.Psi.,Psikolog, kecerdasan emosional bisa berupa rasa sedih, bahagia, marah, ataupun menangis. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa setiap orang sebenarnya sudah memiliki kecerdasan emosional tetapi memiliki kemampuan mengontrol yang berbeda-beda.

Tetapi bukan berarti kecerdasan emosional tidak bisa ditingkatkan, kecerdasan emosional dapat terus dilatih dan dikembangkan. Demi mencapai hubungan dan karir yang baik, Kamu harus terus-menerus melatih kecerdasan emosional.

“Kecerdasan Emosional”

Psikologi itu menyenangkan

Kategori: Psikologi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan