asal usul nama indonesia

Menelusuri Asal Usul Nama “Indonesia”

Nama Indonesia lahir dan bangkit melalui sejarah perjuangan masyarakat bangsa yang pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang.

Akibat penjajahan bangsa Indonesia sangat menderita, tertindas lahir dan batin, mental dan materil, mengalami kehancuran di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan hingga sisa-sisa kemegahan dan kejayaan Nusantara seperti Sriwijaya dan Majapahit yang dimiliki rakyat di bumi pertiwi, sima, dan hancur tanpa sisa.

asal usul nama indonesia
Sumber : www.globalindonesianvoices.com

Asal Usul Nama Indonesia

Indonesia berasal dari bahasa latin indus dan nesos yang berarti India dan pulau-pulau. Indonesia adalah sebutan yang diberikan buat pulau pulau yang ada di Samudra India dan itulah yang dmaksud sebagai satuan pulau yang seterusnya dinamakan dengan “Indonesia”.

Sejarah Indonesia meliputi sebuah rentang waktu yang sangat panjang dimulai sejak era prasejarah berdasarkan penemuan “Manusia Jawa”. Dengan cara geologi, wilayah nusantara ialah jumpa antara tiga lempeng benua, adalah lempeng Eurasia, Lempeng indo Australia, dan Lempeng Pasifik.

Sebelum jadi “Indonesia”, nama negara ini sempat berganti-ganti sebagai berikut:

1. Nusantara

Para cendekiawan India telah menulis tentang Dwipantara atau kerajaan Hindu Jawa Dwipa di pulau Jawa dan Sumatera sekitar 200 SM. Kenyataan fisik awal yang menyatakan berkaitan adanya dua kerajaan bercorak Hinduisme pada abad ke-5, yakni Kerajaan Tarumanegara yang menguasai Jawa Barat dan Kerajaan Kutai di pesisir Sungai Mahakam, Kalimantan.

Pada abad ke-4 hingga abad ke-7, di wilayah Jawa Barat terdapat kerajaan bercorak Hindu-Budha merupakan kerajaan Tarumanagara yang dilanjutkan dengan Kerajaan Sunda sampai abad ke-16. Pada masa abad ke-7 hingga abad ke-14, kerajaan Buddha Sriwijaya berkembang pesat di Sumatera yang beribukota di Palembang. Pada puncak kejayaannya, Sriwijaya menguasai daerah sejauh Jawa Barat dan Semenanjung Melayu.

Kemudian, pada abad ke-14 juga jadi saksi bangkitnya satu buah kerajaan Hindu di Jawa Timur Majapahit. Patih Majapahit antara thn 1331 hingga 1364, Gajah Mada berhasil mendapatkan kekuasaan atas wilayah yang kini sebahagian besar nya ialah Indonesia beserta nyaris seluruh Semenanjung Melayu.

Kejayaan Sriwijaya dan Majapahit ialah sejarah awal pengenalan wilayah kepulauan Nusantara yang yaitu tanah air bangsa Indonesia Sebutan Nusantara diberikan oleh satu orang pujangga pada masa Kerajaan Majapahit.

2. Hindia Belanda

Pada masa penjajahan Belanda sebutan Nusantara diubah Oleh pemerintah Belanda menjadi Hindia Belanda.

Pada masa penjajahan Belanda sebutan Nusantara diubah Oleh pemerintah Belanda jadi Hindia Belanda.

Karena dulu banyak dari bangsa-bangsa Eropa yang awam dengan benua Asia senantiasa mempunyai anggapan bahwa Asia hanya terdiri dari Arab, Persia, India, dan Tiongkok. Menurut mereka daerah yang terbentang luas antara Persia dan Tiongkok semuanya ialah Hindia, Semenanjung Asia Selatan mereka sebut “Hindia Muka”, dan dataran Asia Tenggara disebut “Hindia Belakang” sedangkan kepulauan Tanah Air kita meraih nama kepulauan Hindia (Indische Archipel, Indian Archipelago, Archipel Indian), pada era Belanda nama resminya merupakan Nederlandch Indie (Hindia Belanda).

Nama Hindia asal mulanya buatan Herodotus, satu orang ahli ilmu peristiwa berkebangsaan Yunani (484-525SM) yang dikenal sebagai bapak ilmu Histori. Adapun nama Hindia ini baru diperlukan utk kepulauan ini, oleh Polemeus (100-178), satu orang ahli ilmu bumi Populer, dan nama Hindia ini jadi ternama sesudah bangsa portugis di bawah pimpinan: Vasco da Gama meraih kepulauan ini dengan menyusuri sungai Indus.

3. Indonesia

Pada th 1850, George Windsor Earl seorang Inggris etnolog mengusulkan istilah Indunesians dan preperensi Malayunesians untuk perduduk kepulauan Hindia atau Malayan Archipelago. Selanjutnya sekarang mahasiswa bernama James Richardson Logan memakai Indonesia sebagai persamaan kata untuk Kepulauan Hindia. Tapi dikalangan akadiemik Belanda, di Hindia Timur enggan memakai Indonesia sebaliknya mereka memakai istlah Melayu Nusantara (Malaische Archipel).

Sejak tahun 1900 nama Indonesia jadi lebih umum dikalangan akademik di luar Belanda, dan golongan rasionalis Indonesia memakai nama Indonesia unduk ekspresi politiknya. Adolf Bastian dari Uniersitas Berlin memopulerkan nama Indonesia lewat bukunya Indonesien oder die inseln des malayischen arcipels (1884-1894).

Seterusnya sarjana bahasa Indonesia pertama yang memakai nama indonesia yaitu Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) dikala la mendirikan kantor berita di Belanda dergan nama Indonesisch Pers-Bureau di tahun 1913.

Earl dan James Richardson Logan Pencipta Nama Indonesia
Sumber: Quora

Selewengan Nama Indonesia

Nama Indonesia tidak begitu terkenal sehingga banyak dari negara negara luar yang menyebut nama Indonesia dengan sebutan yang sesuai bahasa di negara mereka

Misalnya di Cina, orang – orang Cina menyebut Indonesia dengan sebutan “Nan-hai”, yang jika diartikan yaitu kepulauan Laut Selatan.

Begitu juga orang-orang India menyebutnya dengan sebutan Dwipantara, sementara Arab menyebutnya sebagai Jaza’ir al-Jawi, yang berarti kepulauan Jawa.

Pertanyaan Seputar Nama Indonesia

Sejarah Nama indonesia yang jarang diketahui
Sumber: MalangTIMES

Siapa yang memberi nama Indonesia?

Pencetus nama Indonesia adalah James Richardson Logan.

Apa saja sebutan resmi negeri ini sebelum “Indonesia”?

Nama – nama resmi sebelum menjadi indonesia yaitu : Nusantara, Hindia Belanda.

Apa Arti kata dari Indonesia?

Indonesia berasal dari bahasa latin indus dan nesos yang berarti India dan pulau-pulau. Indonesia merupakan sebutan yang diberikan untuk pulau pulau yang ada di Samudra India dan itulah yang dmaksud sebagai satuan pulau yang kemudian disebut dengan “Indonesia”

Kesimpulan

Nama “Indonesia” berasal dari beraneka ragam rangkaian histori yang puncaknya berlangsung di pertengahan abad ke-19.

Indonesia memiliki histori yang panjang, dari sebelum kemerdekaan sampai sesudah kemerdekaan, karena hal tersebut kita orang Indonesia mesti mengerti tentang peristiwa yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Peristiwa Nama Indonesia yang memiliki sekian banyak nilai penting dalam pembentukan NKRI. Didalam pemberian nama Indonesia tersirat nilai kebangsaan dan nilai nasionalisme, tapi jarang ada orang atau penduduk Negeri Indonesia yang mengetahui asal-usul nama Indonesia, Karena pada hakekatnya rasa nasionalisme yang ada pada diri mereka mulai pudar. Oleh karena itu kita mesti mempelajarinya dan mengetahui tujuan yang terkandung dari nama Indonesia.

Lihat Pula

Referensi

  • David Chandler, et al. 2005. The Emergence of Modern Southeast Asia: A New History“, disunting oleh Norman G. Owen (U. Hawai‘i Press, 2005)
  • Wurzel und Wort in den indonesischen Sprachen (1910, Root and Word in the Indonesian Languages); Gemeninindonesisch und Urindonesisch (1911, Common Indonesian and Original Indonesian), diterjemahkan dengan judul Bahasa Indonesia Umum dan Bahasa Indonesia PurbaDas Verbum (1911, The Indonesian Verb), dan Di Lauterscheinungen in den indonesischen Sprachen (1915, Phonetic Phenomena in the Indonesian Languages)
  • Mahdani, L.O. (2019). Menelusuri Asal Usul Nama “Indonesia”. https://theory.id/sejarah-nama-indonesia
  • Logan, Sang Pencetus Nama Indonesia. https://indonesia.go.id/ragam/budaya/sosial/logan-sang-pencetus-nama-indonesia
0

6 komentar untuk “Menelusuri Asal Usul Nama “Indonesia””

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.