Time travel pardoks – Perjalanan menjelajahi waktu atau time travel selalu menarik untuk dibahas, banyak novel atau film yang diangkat dari tema ini. Hingga sekarang, mesin waktu sendiri masih menjadi science-fiction paling relevan di dunia nyata. Beberapa orang percaya dan beberapa yang lain menganggapnya sebagai mitos.

Apa itu TIME TRAVEL PARADOX

time travel paradox atau paradoks perjalanan waktu adalah sebuah kontra diksi yang akan terjadi jika perjalanan waktu dilakukan. paradoks ini ditujukan kepada orang orang yang percaya kalau perjalanan waktu pernah dilakukan,

mereka mempercayai itu melalui Pembuktian pembuktian yang walalupun belum adal yang kongkrit, salah satunya Foto yang diambil saat pembukaan ulang Jembatan South Fork di British Colombia sekitar awal tahun 1840-an.

Bukti TIme Travel
Sumber : www.elitereaders.com

Kalau diamati lebih dekat seorang pria itu lebih sebagai orang yang datang dari era milenium.

Secara teoretis, profesor Stephen Hawking dan Profesor Brian Cox percaya bahwa berpergian dengan kecepatan cahaya bisa mendorong manusia ke masa depan.

Tak hanya itu, berdasarkan teori relativitas khusus milik Albert Einstein yang diterbitkan pada 1905 menjelaskan, benda yang bergerak dengan kecepatan cahaya akan mengalami waktu yang melambat.

TIME TRAVEL PARADOX – Mengunjungi Masa lalu dan masa depan

Benarkah Perjalanan Waktu itu pernah dilakukan?… Menurut saya Pribadi dengan alat secanggih apapun sesorang mustahil untuk mengembalikan waktu, jika memang benar seseorang pernah mengunjungi masa lalu, berarti ada seorang professor yang hidupnya sangat sempurna.

dan kalau dipikir pikir beberapa paradoks ini akan terjadi jika perjalanan benar benar dilakukan

1. Predestination Paradox

Predestination Paradox
Sumber : blog.theabacus.io

Paradoks Predestinasi terjadi ketika tindakan seseorang yang melakukan perjalanan kembali ke masa lalu menjadi bagian dari peristiwa masa lalu, dan pada akhirnya dapat menyebabkan peristiwa yang ia coba cegah agar tidak terjadi.

Ini menghasilkan ‘lingkaran sebab akibat temporal’ di mana Peristiwa 1 di masa lalu memengaruhi Peristiwa 2 di masa depan (perjalanan waktu ke masa lalu) yang kemudian menyebabkan Peristiwa 1 terjadi, dengan lingkaran peristiwa yang melingkar ini memastikan bahwa sejarah tidak diubah oleh penjelajah waktu, dan bahwa setiap upaya untuk menghentikan sesuatu terjadi di masa lalu hanya akan mengarah pada penyebabnya sendiri, bukannya menghentikannya.

Paradoks ini menunjukkan bahwa segala sesuatu selalu ditakdirkan untuk berubah dengan cara yang sama, dan bahwa apa pun yang terjadi harus terjadi.

Contoh Paradoks Predestination :

Sebagai contoh sederhananya, bayangkan Kekasih Sobat terbunuh, dan ia terbunuh di suatu tempat. akhirnya Sobat kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan ia. Saking sayangnya sama dia, Sobat mengendarai mobil dengan sangat cepat ketempat kejadian itu dan tidak perdulikan siapapun.

Setelah hampir sampai di tempat itu, secara tidak sengaja Sobat menabrak seseorang dan karena terburu buru, Sobat lanjutkan perjalanan untuk mencari dia. setelah mencari cukup lama, Sobat tidak menemukan ia, dan tiba tiba ada yang beritahu kalau kekasih Sobat telah terbunuh. Yang menjadi paradoks adalah Sobatlah yang membunuhnya, dengan menabraknya.

Contoh-contoh lain dari paradoks predestinasi dalam film termasuk 12 Monkeys (1995), TimeCrimes (2007), The Time Traveler’s Wife (2009), dan Predestination (2014).

2. Bootstrap Paradox

Bootstrap Paradox
SUmber : overmental.com

Bootstrap Paradox adalah jenis paradoks di mana suatu objek, orang, atau sepotong informasi yang dikirim kembali dalam waktu menghasilkan loop tak terbatas di mana objek tidak memiliki asal yang jelas, dan ada tanpa pernah dibuat.

Paradoks ini juga dikenal sebagai Paradoks Ontologis, karena ontologi adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan sifat keberadaan. Paradoks ontologis ini menyiratkan bahwa masa depan, sekarang dan masa lalu tidak didefinisikan, sehingga memberikan para ilmuwan masalah yang jelas tentang bagaimana untuk kemudian menunjukkan “asal” sesuatu, sebuah kata yang biasanya merujuk pada masa lalu, tetapi sekarang menjadikannya tidak berarti.

Contoh Paradoks bootstrap :

Contoh Sederhananya, bayangkan Sobat telah mempelajari banyak tetang teori teori dari Enstein, dan kemudian Sobat kembali kemasa lalu, di mana Enstein masih belum mengerti tentang teori teorinya, setelah itu Sobat ajari dia teori teorinya yang pernah Sobat dapatkan dimasa depan.

Pertanyaan selanjutnya muncul tentang bagaimana objek / data itu dibuat, dan oleh siapa. Namun demikian, persamaan medan Einstein memungkinkan kemungkinan loop waktu tertutup, dengan Kip Thorne, ahli fisika teoretis pertama yang mengenali lubang cacing yang dapat dilalui dan perjalanan mundur waktu secara teoritis dimungkinkan dalam kondisi tertentu.

Contoh lain paradoks bootstrap ada dalam film termasuk Somewhere in Time (1980), Bill dan Ted’s Excellent Adventure (1989), film Terminator, dan Time Lapse (2014).

3. Grandfather paradox

Grandfather Paradox
Sumber : aeon.co

Grandfather paradox bercerita tentang perjalanan waktu, Paradoks waktu ini memunculkan solusi yang tidak konsisten sendiri.

Contoh Paradoks grandfather

Contoh Sederhananya, Bayangkan Sobat membangun sebuah mesin waktu. lalu melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, bertemu seorang pemuda yang ternyata itu adalah kakek Sobat. Dan tanpa disadari Karena benci sama pemuda itu akhirnya Sobat mebunuhnya

Sering orang Bertanya, Jika pemuda itu terbunuh, maka sudah pasti orangtua Sobat itu tidak pernah lahir, Jika orangatua Sobat itu tidak pernah lahir, lalu bagaimana Sobat bisa ada dan membunuh kakek itu.

Para ilmuwan menghibur kemungkinan bahwa Sobat sekarang telah membuat timeline alternatif atau memasuki alam semesta paralel.

4. Let’s Kill Hitler Paradox

Let's Kill Hitler Paradox
Sumber : io9.gizmodo.com

Mirip dengan Grandfather Paradox, yang secara paradoks mencegah kelahiran Sobat sendiri, paradoks Pembunuhan Hitler menghapus alasan Sobat sendiri untuk kembali pada waktunya untuk membunuhnya. Membunuh Hitler akan memiliki konsekuensi yang luas bagi semua orang di dunia, bahkan jika hanya karena fakta bahwa Sobat mempelajarinya di sekolah.

Paradoks itu sendiri muncul dari gagasan bahwa jika Sobat berhasil, maka tidak ada alasan untuk melakukan perjalanan waktu. Jika Sobat membunuh Hitler maka tidak ada tindakannya akan mengalir melalui sejarah dan menyebabkan Anda ingin melakukan upaya itu.

Sejauh ini, Untuk lebih memahami pardoks ini ada dalam episode Twilight Zone yang disebut Cradle of Darkness yang merangkum kesulitan yang terlibat dalam mencoba mengubah sejarah, dengan yang lain menjadi episode dari Dr yang disebut ‘Let’s Kill Hitler’.

5. Polchinski Paradox

Polchinsiki's Paradox
Sumber : www.sciencefocus.com

Fisikawan teoretis Amerika Joseph Polchinski mengusulkan skenario paradoks waktu di mana bola bilyar memasuki lubang cacing, dan muncul ujung lain di masa lalu tepat pada waktunya untuk berbenturan dengan versi yang lebih muda dan menghentikannya masuk ke lubang cacing di tempat pertama.

Paradoks Polchinski dianggap serius oleh fisikawan, karena tidak ada apa pun dalam Relativitas Umum Einstein untuk mengesampingkan kemungkinan perjalanan waktu, kurva waktu-suka-tertutup (CTC), atau terowongan melalui ruang-waktu.

Mengenal Paradoks Polchisnki

Lebih jauh, ia memiliki keuntungan karena didasarkan pada hukum gerak, tanpa harus merujuk pada konsep kehendak bebas yang tidak pasti, dan dengan demikian menyajikan metode penelitian yang lebih baik bagi para ilmuwan untuk memikirkan paradoks.

Ketika Joseph Polchinski mengusulkan paradoks ini, ia memikirkan Prinsip Konsistensi Diri Novikov, yang pada dasarnya menyatakan bahwa sementara perjalanan waktu dimungkinkan, paradoks waktu dilarang.

Namun, sejumlah solusi telah dirumuskan untuk menghindari ketidakkonsistenan yang disarankan Polchinski, yang pada dasarnya melibatkan bola bilyar yang memberikan pukulan yang mengubah arah versi yang lebih muda, tetapi tidak cukup untuk menghentikannya memasuki lubang cacing.

Kesimpulan – Time Travel Paradox

Benarkah Kita bisa mengunjungi Masa Lalu & masa depan?…

Beberapa paradoks diatas menjelaskan bahwa mesin waktu adalah hal yang membingungkan, tapi 2 hal yang masih keliru dalam paradoks itu adalah kata “pergi ke masa lalu” dan “kembali Ke masa lalu”. menurut saya dua hal ini sangat berbeda.

Masa Lalu?..

Contoh pada Grandfather paradox, jika yang dimaksud adalah “pergi ke masa lalu” harusnya tidak akan terjadi paradoks karena kata “pergi” berarti dia tidak mengembalikan waktu, dan dia hanya menjalani hidup seperti biasa, yang artinya saat dia membunuh kakeknya maka tidak akan terjadi apa apa, sama seperti saat dia tidak membunuh kakeknya maka dia akan ada 2 dan itu juga tidak akan terjadi apa apa.

kalau yang dimaksud adalah “kembali Ke masa lalu” ini berarti dia mengembalikan waktu. yang harusnya ketika dia memutar waktu ke masa kakeknya masih muda berarti dia belum lahir, tapi kalau dia mengembalikan waktu, dan kehidupannya seperti dia pergi ke masa lalu maka itu adalah Paradoks.

Masa Depan?..

Dan untuk Jawaban, bisakah kita pergi ke masa depan atau mengunjungi masa depan?… jawaban saya ” iya”. karena kalalu dipikir pikir, kita adalah kita yang satu detik yang lalu atau menit yang lalu, atau berapa tahun yang lalu. artinya kehidupan kita selalu bergerak ke masa depan, :D. atau jika ingin ke masa depan dengan cepat, bisa dengan contohnya, jika kita hibernasi, kita akan meras tidur selama beberapa hari, padahal kita sudah melewati berminggu minggu bahkan berbulan bulan.

Solusi- TIME TRAVEL PARADOX – Mengunjungi Masa lalu & masa depan

Para ilmuwan yang ingin menghindari paradoks yang disajikan oleh perjalanan waktu telah menghasilkan sejumlah cara cerdik untuk menyajikan versi realitas yang lebih konsisten.

Beberapa di antaranya telah disentuh di sini, termasuk:

  • Solusinya: perjalanan waktu tidak mungkin karena paradoks yang diciptakannya.
  • Penyembuhan diri sendiri: berhasil mengubah peristiwa di masa lalu akan memicu rangkaian peristiwa lain yang akan menyebabkan masa kini tetap sama.
  • Hipotesis Multiverse atau “banyak dunia”: alam semesta paralel paralel atau timeline dibuat setiap kali suatu peristiwa diubah di masa lalu.
  • Hipotesis timeline yang ditingkatkan: seseorang yang bepergian ke masa lalu akan ada di timeline baru, tetapi memiliki timeline mereka sendiri dihapus.

“TIME TRAVEL PARADOX”

Post Paradoks lainnya :