Jika ditanya rasanya hampir semua orang akan memilih untuk hidup dengan optimis yang tinggi ketimbang memiliki rasa pesimis, bagaimana tidak seseorang dengan rasa pesimis cenderung lebih mudah menyerah dan penuh dengan kegelisahan, padahal sejatinya dirinya turut dibekali kemampuan yang seharusnya mampu untuk menghadapi segala hal.

Tak dapat dipungkiri rasa pesimis memang acapkali menghampiri disaat kita tengah dihadapkan suatu masalah yang menimbulkan tekanan batin. Namun tentunya akankah terus menerus demikian, dan bukankah segala sesuatunya harus dihadapi.

Bayangkan ketika pada suatu moment yang harusnya hal tersebut merupakan kunci dari keberhasilan anda, namun kita tidak berani untuk menghadapinya karena takut gagal, salah dan lain-lain, tentunya sangat merugikan bukan?.

Bahaya Pesimis
Sumber: Unsplash

Bahaya Pesimis

Rasa pesimis juga ternyata mampu mengubah karakter seseorang jika tidak segera diatasi, ya perubahan pandangan ke arah negatif menjadi hal yang tak dapat dipisahkan dari rasa pesimis. Jika diperhatikan orang yang berkepribadian pesimis juga cenderung memiliki masalah dalam hal kesehatan seperti halnya obesitas, gangguan jantung serta hilangnya semangat untuk beraktivitas.

5 Cara Mengatasi Rasa Pesimis

Untuk mengatasi rasa pesimis tentunya diperlukan sikap sabar dan percaya diri, karena tentu hal tersebut akan sangat berlawanan dan membuat anda memiliki kekuatan untuk berubah kearah yang lebih baik. Nah berikut ini akan kami sajikan beberapa ulasan mengenai cara mencegah serta mengatasi rasa pesimis dan merubah menjadi pribadi yang optimis.

1. Temukan Permasalahan Utama

hadapi pesimis dengan Temukan Permasalahan Utama
Sumber: Life Optimizer

Hal yang paling utama untuk dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri. Ya dengan cara mengenali diri sendiri tentunya akan dengan mudah menemukan sisi kelemahan dari diri kita yang cenderung menjadi faktor utama munculnya rasa pesimis ataupun minder.

Jadikan hal tersebut sebagai motivasi dan tanamkan pada diri bahwasanya kita tidak berbeda dengan yang lain dan kita juga mampu untuk melakukan sesuatu yang orang lain juga lakukan.

2. Ingat dan Buat Kembali Tujuan Pendek dan Panjang

cegah pesimis dengan mengingat tujuan hidup
Sumber: From the Grapevine

Sejatinya semua orang memiliki cita-cita dan tujuan hidup, dengan kembali mengingat dan menjadikan pijakan untuk melangkah, rasanya apapun yang ada didepan dapat kita hadapi dengan percaya diri.

Seperti contoh: Tujuan jangka pendek dalam beberapa tahun adalah dengan memiliki rumah, karena selama ini masih ngontrak. Jadi apapun yang terjadi kita harus fokus dengan tujuan tersebut dan terus bakar semangat, hilangkan kata tidak bisa dalam diri.

3. Berani Membuat Peluang Baru

mengatasi pesimis dengan pergi ke zona bahaya
Sumber: Right Attitudes

Tentu hal ini terasa berat dilakukan bagi sebagian orang yang memiliki pribadi pesimis, bagaimana tidak untuk menghadapi yang sedang terjadi saja terkadang begitu berat rasanya apalagi harus menciptakan hal baru yang sudah barang tentu banyak hal yang diluar dugaan.

Namun percayalah jika kita mengesampingkan kalimat “Saya Tidak Bisa”, “Mustahil Saya Mampu” dan ubah menjadi semangat untuk menghadapi kesulitan dan siap menjadi pemenang.

4. Membaca Kisah Inspiratif dari Berbagai Tokoh

lawan-pesimis-dengan-Membaca Kisah Inspiratif dari Berbagai Tokoh
Sumber: Flickr

Hal paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa pesimis yakni dengan banyak membaca referensi mengenai kisah sukses dari berbagai tokoh.

Dari kisah tersebut tentunya kita dapat mengetahui bahwasanya semua hal yang telah merasakan puncak kesuksesan harus memiliki rasa berani untuk menghadapi segala tantangan dan tentunya harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

5. Berbagi dengan Orang Lain

hadapi pesimis dengan curhat ke Orang Lain
Sumber: Thought Catalog

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya kita mampu untuk hidup sendiri karena sejatinya kita adalah makhluk sosial, oleh karena itu tak ada salahnya sedikit bercerita mengenai keluh kesah kita terhadap orang yang kita percaya mampu mengembalikan rasa percaya diri kita.

Kesimpulan

Kesimpulannya sederhana Pesimis itu sangat berbahaya,

karena pesimis bisa mematikan impian dan mencuri harapan Anda. Ketika anda ingin melakukan sesuatu dan pesimisme itu muncul untuk mengingatkan tentang kegagalan-kegagalan yang pernah anda alami atau tentang rintangan besar yang akan anda hadapi.

ini membuat pikiran anda fokus pada hal – hal itu. Alhasil anda tidak melakukan apapun dan ingin tetap berada di zona yang anda merasa aman.

Jadi untuk mempelajari Cara Mencegah dan Mengatasi Rasa Pesimis itu sangat penting. Agar pikiran anda lebih fokus ke hal-hal positif.

Lihat Pula

Referensi


Theory Team

Tak ada batasan untuk berpikir

1 Komentar

Atasi Depresi Tanpa ke Psikolog | Theory.id · Maret 16, 2020 pada 2:12 pm

[…] Cara Mencegah dan Mengatasi Rasa Pesimis […]

Tinggalkan Balasan