Monty-Hall Paradox

MASALAH MONTY HALL: Mempermainkan Logika

Kalau Mendangar kata “paradoks” pasti yang dibayangkan itu pertanyaan pertanyaan aneh yang membuat galau untuk mencari jawabannya, namun ada juga beberapa paradoks yang tidak memiliki pertanyaan didalamnya misalnya Monty Hall Paradox.

Walaupun dalam paradoks ini kita tidak akan pusing mencari jawabannya, tetapi kita akan dibuat pusing oleh kontradiksinya, seolah otak kita mau meledak!!..

Masalah Monty Hall Mempermainkan Logika
Sumber: Isha Foundation

Apa itu Monty Hall Paradox?

Monty Hall paradox atau yang bisa dikenal dengan sebutan masalah Monty Hall adalah teka teki pradoks yang berasal dari acara TV permainan berhadiah di Amerika yaitu “Let’s Make a Deal”.

Acara TV ini kalau di indonesia mirip dengan “Super Deal”.

Nama Monty Hall paradox diambil dari nama pembawa acaranya yaitu monty hall.

Monty Hall Paradoks
Sumber : Wikimedia Commons

Skenario dalam permainan “Let’s Make a Deal

Ada 3 pintu yang tertutup, kemudian Anda diberi kesempatan untuk memilih salah satu dari pintu itu,

Ingat… hanya ada satu pintu yang berisi hadiah, dan dua lainnya adalah ZONK/Kambaing. dan hanya si Monty Hall yang tahu letak Hadiahnya.

Setelah Anda membuat pilihan, si Monty Hall akan membuka salah satu dari kedua pintu yang tersisa,

dan pintu yang dibuka itu bukan hadiah,

Dia kemudian bertanya apakah Anda ingin mengalihkan pilihan ke pintu yang belum dibuka itu, atau tetap dengan yang Anda pilih?

MUNCULNYA MASALAH MONTY HALL

Yang menjadi masalah adalah Ketika acara TV itu sudah tidak berjalan lagi, dan Monty Hall mengumumkan bagaimana cara memenangkan hadiah atau mobil di permainan itu.

Cara Menenangkan Permainan Monty Hall:

Untuk memenangkannya yaitu dengan pindah ke pintu lain.

Saat pindah ke pintu lain, peluang untuk menang lebih tinggi dibandingkan dengan tetap memilih pilihan yang semula, Alasanya karena Si Pembawa acara sudah tahu dimana letak Hadiahnya.

Jawaban ini kemudian Mengecoh Logika Ahli Matematika

Penyelesaiannya itu muncul di Parade, sekitar 10.000 pembaca, termasuk beratus-ratus profesor matematika.

Banyak orang yang masih tidak percaya akan jawaban masalah tersebut, termasuk ratusan Ahli matematika itu. alasannya penyelesaian masalah itu ambigu secara teknik.

Mereka menganggap, Pindah atau Tidak, Peluangnya akan tetap sama

Penyelesaian Masalah Monty Hall

Bagi yang masih bingung Mengapa Monty Hall mengatakan saat pindah ke pintu lain peluang untuk menangnya lebih tinggi,

bisa memperhatikan contoh dibawah ini

Langkah Langkah permainan

  • Memilih salah satu pintu. Misalnya memilih pintu nomor 1, saat disini memang peluang untuk menang setiap pintunya semua sama, yaitu 1/3. peluang ini sangat rendah, alasanya karena kita tidak tahu dimana letak hadiahnya.
Masalah Monty Hall
Sumber : Wikimedia Commons
  • Saat pilih nomor 1, berarti Pembawa acara harus membuka antara pintu 2 atau 3, disini yang harus diingat bahwa “pembawa acara itu tahu dimana letak hadiahnya”. yang berarti pembawa acara itu harus membuka pintu yang isinya ZONK/Kambing. misalnya nomor 3.
Penyelesaian Masalah Monty hall
Sumber : Wikimedia Commons

Memahami penyelesaian paradoks Monty Hall

Sudah pasti pintu yang tidak dibuka oleh Monty Hall, kemungkinan besar adalah Hadiah.

Saat memilih pintu nomor 1 peluang untuk menangnya rendah yaitu 1/3, berarti kemungkinan besar hadiahnya berada di pintu nomor 2 atau 3.

dan si Monty Hall telah membuka nomor 3 yang isinya kambing, yang berarti kemungkinan besar hadiahnya ada di nomor 2.

Jadi, saat pindah ke pintu lain otomatis peluang menang lebih tinggi atau 2/3.


Penyelesaian Masalah Monty Hall Lainnya

Mungkin sebagian dari sobat yang belum mengerti penyelasaian masalah diatas, mudah mudahan penyelesaian masalah dibawah ini lebih mudah untuk sobat pahami.

Menambahkan Jumlah Pintu

Penyelesaian masalah Monty Hall kali ini adalah membayangkan bahwa Jumlah pintu itu bukalah 3 melainkan adalah 1.000.000 agar perbandingannya 1/1.000.000.

Memahami Penyelesaian masalah monty hall dengan menambahkan jumlah pintu

bayangkan ada 1.000.000 pintu di hadapan Anda, lalu pembawa acara bilang “pilih salah satu yang menurut kau isinya adalah hadiah”.

pasti Anda juga berpikir, memilih satu pintu yang berisi hadiah, dari 1.000.000 pintu itu adalah hal yang mustahil. sudah pasti akan salah.

karena harus memilih, akhirnya Anda memilih memilih pintu nomor 715, dan karena telah membuat sebuah pilihan

Maka pembawa acara harus membuka pintu lainnya yang berisi bukan hadiah, dan menyisahkan satu pintu misalnya pintu 340.

dari sini kita bisa simpulkan, kalau pintu nomor 340 itu sudah sangat pasti isinya hadiah. karena pintu nomor 715 sudah dicap sebagai pilihan yang mustahil benar.

Jadi, saat disuruh pilih pindah ke pintu 340 atau tetap di pintu 715, pasti akan memilih untuk pindah.

MONTY HALL PARADOX SOLVED

APA ITU MASALAH MONTY HALL
Sumber : Sites Google

Pertanyaan mengenai Masalah Monty Hall

Siapa itu Monty Hall?

Monty Hall adalah seorang radio CKRC di Winnipeg saat masih menjadi mahasiswa. Dia sempat bekerja untuk Dewan Gandum Kanada setelah lulus sebelum memutuskan untuk mengejar karir penuh waktu di bidang penyiaran. ia terkenal ketika membawakan acara Let’s Make a Deal.

Dimana letak Paradoks pada Masalah Monty Hall?

saat cara memenangkan game “Let’s Make a Deal” dipublikasi, dan jika jawaban tidak diteliti lebih dalam, itu seolah tidak diterima oleh logika. itulah sebabnya banyak yang menganggap ini sebagai Paradoks

Bagaimana cara mudah Mengerti Masalah Monty Hall?

Cara termudah untuk mengerti masalah Monty Hall adalah dengan menambahkan Jumlah pintu, Jadi bukan hanya 3 pintu, akan tetapi bayangkan itu ada 100 pintu, agar perbandingannya lebih signifikan

Apa itu Let’s Make a Deal?

Let’s Make a Deal atau dalam bahasa Indonesia (mari membuat kesepakatan) adalah Program acara Televisi di Amerika Serikat pada tahun 1963 , semacam kuis berhadiah, dengan pembawa acaranya Monty Hall.

Kesimpulan

Pemaparan cara memenangkan permainan diatas, tidaklah membuat Anda sudah pasti jadi pemenang, melainkan, hanya membandingkan peluang menangnya.

itulah theory kali ini, tidak disangkah paradoks ini mampu mengecoh logika profesor matematika, akhir kata… seperti biasa terimakasih telah berkunjung, jangan lupa untuk meninggalkan jejak apapun itu dengan berkomentar dibawah ini. 😀

Lihat Pula

Referensi

0

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.