Categories: Geografi

Letak Geografis, Astronimis, dan Geologis Indonesia Lengkap

Sponsor

Ilmu geografi memiliki peranan yang penting dalam menanamkan wawasan letak geografis Indonesia dengan potensi maritimnya yang besar.

Potensi yang menjanjikan belum dikelola secara baik. Kajian ilmu geografi sangat membantu masyarakat dengan ilmu bantu pemetaan dalam menganalisis potensi di wilayah Indonesia baik darat maupun maritim.

Geografi menonjol dalam kajian ini khususnya pada tema-tema khusus seperti politik, ekonomi, dan regional.

Pembahasan

Sumber : Sangjuara

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia dapat ditentukan berdasarkan posisi yang nyata, dibandingkan dengan posisi di daerah lainnya. Indonesia berada tepat diantara 2 benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta berada di 2 samudra yaitu diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Jika dilihat dari segi ekonomi, letak geografis Indonesia ini bisa dibilang sangat strategis. Karena Indonesia berada di persimpangan lalu lintas dunia.

Letak geografis ini menjadi salah satu determinan yang menentukan masa depan, dari suatu negara yang kaitannya dengan hubungan internasional. Walaupun untuk sementara waktu diacuhkan, tetapi kondisi geografis suatu negara akan menentukan beberapa peristiwa yang memiliki pengaruhnya secara global.

Seorang Penulis di Amerika Robert Kaplan mengurtarakan bahwa geografis dalam artian secara luas akan menjadi determinan, dimana ini akan memengaruhi berbagai macam peristiwa jika dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomi Indonesia yaitu 6o Lintang Utara (LU) – 11o Lintang Selatan (LS) dan antara 95o Bujur Timur (BT) – 141o Bujur Timur (BT).

Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan tropis, inilah yang menjawab kenapa Indonesia hampir sepanjang tahunnya ter papar sinar Matahari.

Negara-negara yang beriklim tropis termasuk Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah dan memiliki Flora dan Fauna yang beragam, ini dikarenakan curah hujan yang tinggi dapat menyuburkan tanah

salah satu pengaruh dari garis bujur Indonesia adalah memiliki 3 Zona waktu yaitu:

  • Waktu Indonesia dibagian Timur (WIT)
  • Waktu Indonesia dibagian Tengah (WITA)
  • Waktu Indonesia dibagian Barat (WIB)

Letak Geologis Indonesia

Letak geologis Indonesia cukup strategis. Secara geologis, Negara Indonesia merupakan negara yang terletak di antara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut.

Inilah yang menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di tiap wilayahnya.

Dibagian tengah dan timur Indonesia dilewati oleh deretan pegunungan “Serkum Pasifik” yang cenderung bersifat asam. sedangkan di bagian barat dilalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania, yang merupakan rangkaian dari “Pegunungan Himalaya” dengan sifat basa.

Letak geologis Indonesia ditandai dengan tiga hal berikut :

  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia. Yaitu rangkain sirkum mediterania dan sirkum pasifik.
  • Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng litosfer, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.

Dampak

Sumber : osingvacation

Positif

  • sebagai pusat perekonomian dua benua dan dua samudera
  • peningkatan transportasi laut secara maksimal
  • Indonesia memiliki tanah yang subur karena sering mengalami gempa vulkanik akibat banyaknya gunung berapi
  • letak geografis yang strategis membuat banyak perusahaan asing yang masuk dan bekerja sama dengan Negara Indonesia

Negatif

  • banyaknya budaya asing yang masuk mengakibatkan tersingkirnya budaya lokal
  • eksplorasi besar besaran terhadap SDA
  • karena letak geografis Indonesia yang terletak pada tiga lempeng tektonik utama dunia sehingga mengakibatkan Indonesia sering mengalami bencana gunung meletus, gempa bumi, dll

Note :

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id

Iklim di Indonesia

Sumber : mikirbae

Musim Hujan (Angin Muson Barat)

Musim hujan terjadi diawali dengan adanya gerak semu matahari yang berada di bagian belahan bumi selatan pada bulan Oktober sampai Maret,

untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Sebagian besar panas Matahari menyinari wilayah bumi belahan selatan mengakibatkan suhu udara bumi bagian selatan panas sedangkan suhu udara bumi bagian utara dingin, hal ini mengakibatkan tekanan udara bagian utara tinggi dan tekanan udara bagian selatan rendah maka terjadi aliran udara (angin) dari tekanan tinggi ke udara tekanan rendah.

Karena adanya rotasi bumi angin berbelok ke timur (angin muson barat). Angin bergerak dari utara ke selatan.

Awan yang banyak mengandung air hasil penguapan laut yang luas di samudara Hindia dan Laut Cina Selatan terbawa angin muosn barat dan jatuh sebagai hujan di Indonesia.

Musin Panas / Kemarau (Angin Muson Timur)

Musin Panas / Kemarau (Angin Muson Timur) Musim kemarau terjadi diawali dengan adanya gerak semu matahari yang berada di bagian belahan bumi utara pada bulan April sampai September,

untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Panas matahari yang menyinari sebagaian besar wilayah belahan bumi utara mengakibatkan suhu udara bumi bagian utara panas sedangkan suhu udara bumi bagian selatan dingin, hal ini mengakibatkan tekanan udara bagian selatan tinggi dan tekanan udara bagian utara rendah maka terjadi aliran udara (angin) dari tekanan tinggi ke udara tekanan rendah.

Angin bergerak dari selatan ke utara akan tetapi karena adanya rotasi bumi angin berbelok ke barat  (angin muson timur).

Musim kemarau di Indonesia terjadi karena Awan yang sedikit mengandung uap air hasil penguapan daratan Austrlia yang kering dan luas terbawa oleh angin muson timur.

Kesimpulan

Posisi Indonesia yang strategis perlu menanamkan wawasan geografi kepada setiap penduduk. Tujuannya agar setiap penduduk memahami potensi dan batas wilayah negara Indonesia.

Pemahaman tersebut memiliki korelasi dengan dunia pendidikan sebagai media yang efektif dalam penanaman wawasan geografi maritim. Penanaman wawasan pendidika.

maritim memiliki keterkaitan dengan kebijakan pemerintah yang ingin mewujudkan

Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kebijakan pemerintah yang direncanakan perlu sejak dini disosialisasikan khususnya pada dunia pendidikan.

Dengan demikian pendidikan kemaritiman atau geografi maritim menjadi muatan pembelajaran wajib dalam kurikulum nasional.

Lihat Pula

Referensi

  • Adam, A.W. (2020 Jan 29). Indonesia. ENCYCLOPÆDIA BRITANNICA. https://www.britannica.com/place/Indonesia
  • ilmugeografi. (2015 sep 10). Iklim di Indonesia. Iklim Di Indonesia – Jenis, Perubahan dan Pengaruh Bagi Dunia. https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/iklim-di-indonesia
  • Mahdani, L.O. (2019 Jan 26). Letak Geografis, Astronimis, dan geologis Indonesia Lengkap. https://theory.id/letak-geografis-astronimis-dan-geologi-indonesia
  • Wikipedia. (2017 Nov 26). Geografi Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Geografi_Indonesia

Note:

Theory.id hanya menggunakan sumber terpercaya, termasuk buku – buku oleh penulis yang berpengalaman, baca lebih lanjut.
Bagi yang sedang membuat Makalah tentang
Letak Geografis, Astronimis, dan Geologis Indonesia , dan mengambil beberapa dari tulisan ini.
Silahkan Copy dan Paste tulisan yang ada di “Referensi” kedalam “Daftar Pustaka”.
+77
0
Sponsor
Theory Team

Recent Posts

Biografi BJ Habibie: Guru Bangsa yang Mendunia

NamaB.J. HabibieLahir Afdeling Parepare, 25 Juni 1936 Profesi Insinyur Dikenal Karena Presiden Indonesia ke-3 BIOGRAFI B.J. HABIBIE…

2 hari ago

21 Trik Psikologi Keren Yang Wajib di Coba

Trik Psikologi dalam kehidupan merupakan Psikologi manusia, fisiologi, dan perilaku subyektif bekerja dengan cara yang…

7 hari ago

Daftar Nama Tempat Terpanjang Di Dunia

Biasanya nama tempat di dunia dibuat sangat disingkat untuk lebih mudah diingat dan juga pengucapan…

1 minggu ago

PARADOKS PINOKIO: “My Nose Grows Now!”

Paradoks adalah suatu kiasan di mana pernyataan tampak bertentangan dengan dirinya sendiri. Jenis pernyataan ini…

2 minggu ago

Teori Conscious, Preconscious & Unconscious Freud

Gagasan tiga tingkat pikiran (Conscious, Preconscious & Unconscious) bukanlah hal baru. Sigmund Freud , psikolog…

3 minggu ago

Psikoanalisis Sigmund Freud dalam Psikologi Lengkap

Psikoanalisis diartikan sebagai sebuah teori psikologi dan teknik terapi. Gagasan pokok pada psikoanalisis adalah meyakini…

3 minggu ago

This website uses cookies.