Orang-orang dengan kepribadian Introvert ini biasanya memiliki sikap yang pemalu, lebih suka menyendiri dan menghindarkan diri dari keramaian.

Pengertian introver sendiri adalah kepribadian seseorang yang cenderung pendiam, pemalu dan tertutup terhadap orang lain. Biasanya mereka jarang berbicara dan hanya dekat dengan sedikit orang, hal ini dikarenakan introvert lebih menyukai cara berteman yang mementingkan kualitas bukan kuantitas.

Dalam dunia kerja pun introvert lebih memilih bekerja sendirian dibandingkan bekerja sama dengan orang lain. Karena bagi mereka yang berkepribadian introvert, justru hal itu akan membuat suasana lebih kondusif dan tenang.

Namun, dibalik sosok introvert yang pemalu sebenarnya mereka memiliki kelebihan tersendiri loh. Sebelum memasuki kelebihan orang introvert, kita akan membahas mengenai ciri-ciri orang dengan kepribadian introvert terlebih dahulu.

A. Ciri-Ciri Orang yang Berkepribadian Introvert

Ciri Kepribadian Introvert
Sumber : Pexels

Jarang Berkomunikasi dengan Orang Lain

Mengingat mereka menyukai ketenangan dan tidak suka keramaian, seorang introvert lebih memilih untuk menghindari komunikasi yang tidak perlu dan tidak menarik diri dalam keramaian. Namun apabila sudah dekat, mereka tidak akan sungkan untuk berkomunikasi dan dapat menjadi teman yang baik.

Jarang Mengungkapkan Perasaan

Orang yang memiliki kepribadian introvert lebih memilih untuk memendam perasaannya sendiri dibandingkan dengan curhat terhadap orang lain meskipun mereka sangat akrab. Karena lebih memilih untuk memendam semuanya sendiri, banyak orang yang mengira mereka bersifat dingin.

Suka Menyendiri

Bagi seorang introvert, menyendiri justru adalah hal yang mereka sukai mengingat mereka suka ketenangan. Mereka menganggap bahwa dengan menyendiri, mereka dapat membuat suasana menjadi lebih kondusif.

Pengamat yang Baik

Walaupun introvert memiliki kepribadian yang pendiam, namun bukan berarti introvert tidak memiliki rasa peduli terhadap hal lain selain dirinya. Justru mereka cenderung lebih suka mempelajari situasi melalui pengamatan yang mereka lakukan.

Selektif Dalam Berteman

Seorang introvert bukan hanya sulit dalam berteman karena pemalu, namun juga selektif dalam memilih teman. Hal inilah yang membuatnya menjadi memiliki sedikit teman dibandingkan dengan orang lain. Selain itu, faktor lain mereka tidak memiliki teman adalah karena mereka tidak menyukai keramaian.

Sulit Konsentrasi Dalam Keramaian

Orang introvert memang memiliki tingkat konsterasi yang tinggi, namun mereka sulit mencapai itu apabila terjebak dalam keramaian. Hal ini tentu saja sangat logis apabila mengingat kepribadian mereka yang suka menyendiri dan tidak suka keramaian.

B. Kelebihan Tersembunyi yang Dimiliki Seorang Introvert

keunikan orang kepribadian introvert
Sumber : Pexels

Pendengar yang Baik

Sifat introvert yang tidak banyak bicara dan lebih suka mengamati justru dapat membuatnya menjadi pendengar yang baik. Mereka lebih memilih mendengarkan orang lain dibandingkan berbicara dengan orang lain, bahkan penelitian di Harvard Business School mengatakan bahwa mereka dapat menjadi pemimpin yang baik karena mau menerima pendapat dari orang lain.

Selain itu, yang membuat mereka dapat menjadi pendengar yang baik adalah karena mereka mendengarkan dengan seksama. Mereka cenderung menyimak dan mencerna informasi terlebih dahulu, baru memberi saran terhadap orang lain.

Perencana yang Baik

Introvert memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu hal dengan baik, mereka selalu memikirkan langkah kedepan agar tidak merepotkan diri sendiri. Seorang introvert selalu memikirkan sesuatu dari berbagai sisi, walaupun lambat tapi mereka cukup ahli dalam merencanakan sesuatu.

Pemecah Masalah

Orang yang memiliki kepribadian introvert dapat menyelesaikan masalah atau menemukan solusi yang tepat untuk berbagai masalah. Karena pada dasarnya, mereka dapat memahami dan menganalisis banyak hal secara lebih mendalam.

Psikolog dari Amerika, Laurie Helgoe, mengatakan bahwa otak orang introvert dapat bekerja dengan cepat dan baik dalam hal menangkap informasi, menganalisis, menemukan titik masalah dan menemukan solusinya.

Dapat Menjadi Teman yang Baik

Walaupun orang introvert sulit dalam berteman dan hanya memiliki sedikit teman, namun mereka dapat menjadi teman yang baik. Hal ini dikarenakan orang introvert mendahulukan kualitas pertemanan dibandingkan kuantitas.

Mereka membutuhkan waktu untuk dapat nyaman terhadap seseorang, mereka juga hanya akan berteman baik dengan seseorang yang dianggap cocok dengan mereka.

Kreatif

Dua psikolog yang bernama Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist pernah melakukan penelitian terhadap introvert. Hasilnya sangat mengejutkan, kebanyakan orang yang memiliki kreativitas tinggi di berbagai bidang memiliki kepribadian introvert.

Seorang introvert memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang lain, selain itu mereka juga sering berimajinasi dengan berbagai hal. Mereka terbukti dapat mengemukakan ide-ide kreatif yang bahkan di luar kotak pikiran orang lain.

Berpotensi Menjadi Penulis Berbakat

Introvert lebih memilih menggunakan otaknya dibandingkan kemampuan verbal seperti halnya seorang extrovert. Karena lebih memilih kemampuan otak, introvert dapat menuliskan berbagai ide yang ada di otaknya dengan baik. Ditambah lagi mereka memiliki tingkat kreativitas tinggi yang dapat membantunya untuk menjadi penulis berbakat.

Konsentrasi yang Tinggi

Walaupun introvert lebih suka mengerjakan semua hal sendiri, namun hal itulah yang membuatnya menjadi lebih konsentrasi dibandingkan orang lain. Bahkan penelitian yang dilakukan di Bucknell University, para mahasiswa introvert memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa extrovert.

Tidak Pernah Kesepian

Introvert memang hanya memiliki sedikit teman dan jarang berkomunikasi dengan orang lain, namun introvert bukanlah orang yang kesepian. Introvert adalah orang yang individualis yang justru sangat menikmati me time dengan melakukan berbagai hal sendiri.

Mandiri

Seorang introvert terbiasa melakukan semua pekerjaan sendirian, mereka tidak suka apabila bekerja sama ataupun mengandalkan orang lain. Mereka berpikir dapat mengerjakan sesuatu dengan baik dan sesuai keinginannya apabila dikerjakan sendiri. Kepribadian tersebutlah yang menjadikan introvert sebagai orang yang mandiri dan tidak mengandalkan orang lain.

Tidak Mudah Emosi

Introvert dikenal dengan kepribadian yang tenang dan santai, serta menyembunyikan perasaan yang membuatnya pandai dalam mengontrol emosi. Selain itu, introvert juga lebih memilih diam dibandingkan harus berdebat dengan orang lain.

Introvert adalah seorang pemikir yang mengetahui apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak dibutuhkannya. Karena itu, introvert lebih memilih diam dan menenangkan diri untuk menghindari masalah yang lebih rumit.

Perhatian

Dibalik sikapnya yang terlihat cuek dan dingin, sebenarnya intorvert adalah orang yang sangat perhatian. Mereka sering mengamati situasi dan memperhatikan seseorang walaupun tidak menunjukannya.

Memiliki Bakat Tersembunyi

Seorang introvert memiliki kepribadian yang senang mengamati dan menganalisis berbagai hal. Dari kepribadian tersebutlah, introvert menjadi belajar banyak hal dan memiliki kemampuan yang mungkin tidak diduga-diduga orang lain.

Walaupun begitu, introvert tidak senang apabila bakat tersebut ditunjukan kepada banyak orang seperti extrovert. Mereka merasa tidak perlu menunjukan bakat terhadap orang lain, walaupun mungkin saja mereka memiliki banyak bakat.

Kesimpulan

Banyak yang salah beranggapan tentang orang dengan kepribadian ini, mereka menganggap bahwa orang orang introvert adalah pembenci orang lain, tapi yang sebenarnya terjadi adalah mereka menghindar karena hanya ingin sendiri bukan benci.

Terdapat kepribadian lain yang berkebalikan dari introvert, kepribadian tersebut biasa disebut sebagai extrovert. Kepribadian extrovert justru lebih menyukai sosialisasi dan bertemu dengan orang-orang baru.

Lihat Pula Seputar Psikologi

Referensi


Theory Team

Tak ada batasan untuk berpikir

0 Komentar

Tinggalkan Balasan