Sponsored
Categories: Psikologi

Teori Conscious, Preconscious & Unconscious Freud

Sponsored

Gagasan tiga tingkat pikiran (Conscious, Preconscious & Unconscious) bukanlah hal baru. Sigmund Freud , psikolog Austria terkenal mungkin adalah orang pertama yang mempopulerkannya ke dalam masyarakat arus utama seperti yang kita kenal sekarang.

Meskipun teorinya kemudian secara luas diperdebatkan di kalangan Psikologi karena mereka sangat sulit untuk dibuktikan secara ilmiah, Freud tetap menciptakan model pikiran yang berguna, yang ia pisahkan menjadi 3 tingkatan yaitu Conscious (sadar), Preconscious (prasadar), dan Unconscious (tak sadar).

Sumber: Inet Detik

Bagaimana Memahami 3 Tingkat Kesadaran?

Untuk lebih mudah memahami konsep 3 tingkatan kesadaran yaitu dengan membayang gunung es. bayangkan di ujung gunung es itu adalah pikiran sadar. Itu hanya menempati sebagian kecil ruang di bagian atas, di mana hanya sebagian kecil dari itu ditampilkan di atas air. Ini mungkin mewakili sekitar 10% dari kapasitas otak Manusia.

Sumber: Steemit

Sedangkan dibagian bawah adalah bagian lebih besar yang oleh Freud disebut sebagai tak sadar, atau apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai alam bawah sadar. Ini jauh lebih besar daripada pikiran sadar dan menyumbang sekitar 50-60% dari kemampuan otak Manusia.

Ini luas dan dalam dan sebagian besar tidak dapat diakses oleh pikiran sadar, sedikit seperti kedalaman laut yang gelap.

Penjelasan Conscious, Preconscious & Unconscious Beresta Contohnya

Seperti yang disebutkan, bagian-bagian ini dan fungsinya telah diperdebatkan dengan serius selama bertahun-tahun oleh banyak psikolog, filsuf, dan ilmuwan lain, karena sangat sulit untuk membuktikan secara empiris bahwa mereka ada.

Terlepas dari semua ini, masih ada analogi yang bagus untuk digunakan, dan pada akhirnya jika itu bekerja dan masuk akal, maka itu yang terpenting.

Conscious (Pikiran Sadar)

Conscious adalah pikiran sadar dimana lebih mengacu pada kesadaran pribadi akan pikiran, ingatan, perasaan, sensasi, dan lingkungan yang unik. Kesadaran adalah keinsafan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar. Kesadaran ini subyektif dan juga unik untuk manusia.

Contoh Conscious Mind:

Saat ini saat Anda membaca tentang Freud, Anda mungkin berpikir tentang apa yang dikatakan dalam teks dan bahwa mata Anda lelah menatap layar ini. Namun, di benak Anda, Anda mungkin berpikir “wow situs web ini benar-benar keren, jika saya adalah seorang guru psikologi, saya akan memberikan siapa pun yang menjadikannya A”. Kedua pikiran ini muncul dalam pikiran sadar.

Preconscious (Pikiran Pasadar)

Preconscious adalah pikiran pra-sadar lebih mengacu pada pikiran-pikiran yang tidak secara aktif Anda pikirkan tetapi dapat memanggil dengan mudah mengingat pemicu yang tepat. Sebaliknya, pikiran pra sadar ditekan hingga Anda tidak dapat mengingatnya tanpa upaya ekstrem dan bantuan khusus.

teori Prasadar berasal dari teori psikoanalitik, tetapi terapis eklektik dan lainnya juga menggunakan istilah itu dengan cara yang sama. Sebuah konsep yang nyata dari Freud tentang istilah ini tertuang dalam teorinya “tingkat kesadaran.” atau bisa dilihat dari contoh berikut

Contoh Preconscious mind:

Sekarang pikirkan nama tengah Anda. Itu adalah contoh dari memori prasadar. Contoh serupa bisa jadi adalah hari ulang tahun ibumu, kapan hujan terakhir, dan berapa lama untuk pergi ke mal.

Unconscious (Pikiran Tak Sadar)

Unconscious adalah pikiran Pikiran tak sadar sangat mirip dengan pikiran pra sadar karena ia juga berhubungan dengan ingatan. Namun ada perbedaan di antara keduanya.
Tak sadar lebih mengacu pada semua ingatan, kebiasaan, dan perilaku Anda. Ini adalah gudang semua emosi Anda yang telah diprogram sejak lahir.

Unconsious adalah istilah yang biasanya disukai oleh para Psikolog dan Psikiater untuk merujuk pada pemikiran yang kita miliki yang “di luar jangkauan” kesadaran kita.

Dalam istilah sederhana, alam bawah sadar adalah tempat penyimpanan untuk semua ingatan kita yang telah ditekan atau yang tidak ingin kita ingat. Sebuah peristiwa traumatis di masa kecil kita yang telah diblokir adalah contohnya, tetapi tidak harus seserius ini. Ini bisa menjadi sesuatu yang sangat jauh seperti apa yang Anda makan siang di hari pertama sekolah atau apa nama teman masa kecil yang Anda mainkan beberapa kali.

Itu adalah memori yang tidak bisa kita tarik pada pilihan kita. Itu ada di sana, tetapi kita tidak dapat mengingatnya tidak peduli seberapa keras kita berusaha. Metode psikoanalitik tertentu dapat mengembalikan ingatan ini (seperti hipnosis) atau dapat dipicu oleh peristiwa tertentu (aroma, tempat yang akrab, dll).

Poin penting untuk diingat di sini, adalah bahwa kita tidak dapat, dengan pilihan, mengingat apa pun di alam bawah sadar kita tanpa suatu peristiwa atau teknik khusus. Ini adalah ketidaksadaran.

Contoh Unconscious mind:

Hal-hal di alam bawah sadar Anda akan dilupakan pengalaman negatif di masa lalu Anda, ketidaksukaan yang ekstrem terhadap orangtua, atau peristiwa mengerikan yang Anda usir dari alam bawah sadar Anda.

Sumber: Sigmund Freud Museum

Pertanyaan Mengenai Tingkat Kesadaran Conscious, Preconscious & Unconscious

Apa itu Kesadaran?

Kesadaran adalah keadaan atau kemampuan untuk memahami, merasakan, atau menjadi sadar akan peristiwa, objek, atau pola indera. Dalam tingkat kesadaran ini, data indera dapat dikonfirmasi oleh pengamat tanpa harus menyiratkan pemahaman. Lebih luas lagi, itu adalah keadaan atau kualitas kesadaran akan sesuatu. Dalam psikologi biologis, kesadaran didefinisikan sebagai persepsi manusia dan binatang dan reaksi kognitif terhadap suatu kondisi atau peristiwa.

Bagaimana alam bawah sadar kita memengaruhi cara kita berpikir, merasakan, dan berperilaku?

Gagasan tiga tingkat Freud tentang ketidaksadaran tampaknya tidak sepenuhnya masuk akal karena ada cara lain untuk mengeksplorasi cara emosi, misalnya, bekerja, dan bagaimana jiwa manusia berfungsi. Meskipun saya percaya ada beberapa lapisan kesadaran dan pengalaman dan persepsi itu bisa dinegosiasikan di antara lapisan yang berbeda.

Siapa saja Tokoh yang mengemukakan Teori Kesadaran

Maya dan Incan
John Locke
René Descartes
Sigmund Freud

Kesimpulan

Sementara teori Freud tetap menjadi salah satu yang paling dikenal, berbagai sekolah di bidang psikologi telah mengembangkan perspektif mereka sendiri, yang akan kita bahas di bawah ini. Penting untuk dicatat bahwa perspektif ini tidak harus eksklusif satu sama lain, hanya pendekatan yang berbeda untuk pertanyaan yang sama.

Teori ini sudah sangat lama Sigmund Freud pun suda menemukan struktur Keperibaian lainnya yaitu id, ego, dan superego. tapi teori baru ini tidak untuk menggantikan teori lamanya (Conscious, Preconscious & Unconscious) melainkan hanya menyempurnakannya

Lihat Pula

Referensi

  • Balconi, M. Psicologia Degli Stati di Coscienza: Dalla Coscienza Percettiva Alla Consapevolezza di Sé [Psychology of the States of Consciousness: From Perceptual Consciousness to Self-Awareness]; LED Edizioni Universitarie: Milano, Italy, 2006
  • Mahdani, L.O. (2020). Teori Conscious, Preconscious & Unconscious Freud. https://theory.id/conscious-preconscious-unconscious
  • Lockley, M. The evolutionary dynamics of consciousness: An integration of eastern and western holistic paradigms. J. Conscious. Stud. 2010, 17, 66 116
  • Russell, E.W. Consciousness and the unconscious: Eastern meditative and western psychotherapeutic approaches. J. Transpers. Psychol. 1986, 18, 51–72
  • Boag S. Conscious, Preconscious, and Unconscious. Encyclopedia of Personality and Individual Differences.
  • Zimmermann J, Löffler-stastka H, Huber D, et al. Is It All about the Higher Dose? Why Psychoanalytic Therapy Is an Effective Treatment for Major Depression. Clin Psychol Psychother. 2015;22(6):469-87. doi:10.1002/cpp.1917

Note:

Theory.id hanya menggunakan sumber terpercaya, termasuk buku – buku oleh penulis yang berpengalaman, baca lebih lanjut.
Bagi yang sedang membuat makalah tentang Psikologi khususnya teori Psikoanalisis oleh Sigmund Freud Psikoanalisis lebih khususnya tentang Conscious, Preconscious dan Unconscious , dan mengambil beberapa dari tulisan ini.
Silahkan Copy dan Paste tulisan yang ada di “Referensi” kedalam “Daftar Pustaka”.
+48
0
Sponsored
Theory Team

Tak ada batasan untuk berpikir

This website uses cookies.